siap berbagi dan menerima

siap berbagi dan menerima

Selasa, 07 Februari 2012

LESSON PLAN : Memahami isi berita radio/televisi


LESSON PLAN

SATUAN PENDIDIKAN     : SMP
MATA PELAJARAN            : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER                         : VIII/4
STANDAR KOMPETENSI  : 9.    Memahami isi berita radio/televisi.      
KOMPETENSI DASAR       : 9.1. Menentukan   pokok - pokok   berita  (apa,   siapa,
                                                         mengapa  di mana,  kapan, dan  bagaimana)  yang          
                                                         didengar atau ditonton melalui radio/televisi
INDIKATOR                         : (1)  Siswa  mampu menemukan penyataan-pernyataan
yang merupakan jawaban dari pertanyaan  pokok-     pokok berita;
(2)  Siswa mampu menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
WAKTU                                 : 2 X 40 menit ( 1X Pertemuan )

BAHAN AJAR
1.      Laptop
2.      LCD
3.      CD rekaman berita dari televisi
4.      White Board

WAKTU
ISI
METODE DAN
 ALAT BANTU
10 menit
PENDAHULUAN
1.       Mengucapkan salam
2.       Menanyakan kehadiran siswa
3.       Membentuk siswa menjadi beberapa kelompok diskusi
4.       Menyampaikan apersepsi untuk menghubungkan materi pembelajaran dengan situasi dan pikiran siswa
5.       Menyampaikan tujuan belajar dari topik ini
6.       Menjelaskan bahwa setelah topik ini dibahas, siswa akan melaksanakan diskusi dan mengerjakan latihan
7.  Memberikan keyakinan kepada siswa bahwa topik ini penting untuk  dipelajari karena berguna untuk kehidupan sehari-hari

Ceramah
White Board




OBJEKTIF PERILAKU SISWA
Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan siswa mampu menemukan pokok-pokok berita (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana) yang didengar atau ditonton melalui radio/televisi dengan kegiatan diskusi dengan tujuan untuk menemukan sendiri berita apa yang sedang ditayangkan, dimana berlangsungnya topik tersebut, kapan berita tersut berlangsung, siapa saja yang menjadi bahan berita, mengapa topik berita itu terjadi, dan bagaimana solusi agar berita tersebut menjadi teladan bagi kita semua.






WAKTU

MATERI

METODE DAN ALAT BANTU

10 menit






40 menit
















20 Menit





ACTIVITY
a.       Kegiatan awal
Dengan multimedia yang telah siap, Guru menayangkan rekaman berita televisi, Siswa mendengarkan/menyaksikan rekaman berita televisi yang ditayangkan infocus di depan kelas, guru memperhatikan proses penyimakan tersebut.
b.      Kegiatan inti
1)      Siswa mendiskusikan untuk mencari pokok-pokok berita yang mencakup 5W1H (apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana);
2)      Siswa menentukan  pokok-pokok berita;
3)      Siswa menuliskan pokok-pokok berita.
4)      Dalam diskusi kelas, siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelas, siswa / kelompok lain memperhatikan.
5)      Tanya jawab antar siswa yang berisi saran pendapat dan sanggahan
6)      Guru dan siswa melakukan tanya jawab


      
      PENUTUP
c.       Kegiatan Akhir
1)      Siswa dan guru melakukan refleksi
2)      Siswa melaksanakan evaluasi

PENILAIAN
Untuk menilai Kegiatan Belajar Mengajar ini dilaksanakan dengan penilaian proses diskusi dan hasil diskusi berupa tulisan hasil diskusi yang berupa pokok-pokok berita yang didapat dari proses penyimakan.
Modelling, Inkuiri, Tanya Jawab, Diskusi.   Multimedia
( laptop, LCD, CD rekaman berita dari televisi)




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar