LESSON PLAN
SATUAN PENDIDIKAN : SMP
MATA PELAJARAN : BAHASA
INDONESIA
KELAS/SEMESTER : VIII/4
STANDAR
KOMPETENSI : 9. Memahami isi berita radio/televisi.
KOMPETENSI
DASAR : 9.1. Menentukan pokok - pokok berita
(apa, siapa,
mengapa di mana,
kapan, dan bagaimana) yang
didengar atau ditonton melalui radio/televisi
INDIKATOR : (1) Siswa
mampu menemukan penyataan-pernyataan
yang merupakan
jawaban dari pertanyaan pokok- pokok berita;
(2) Siswa mampu menuliskan pokok-pokok berita
dengan ejaan yang benar
WAKTU :
2 X 40 menit ( 1X Pertemuan )
BAHAN AJAR
1. Laptop
2. LCD
3. CD rekaman berita dari televisi
4. White Board
WAKTU
|
ISI
|
METODE DAN
ALAT BANTU
|
|
10 menit
|
PENDAHULUAN
1. Mengucapkan salam
2. Menanyakan kehadiran siswa
3. Membentuk siswa menjadi beberapa
kelompok diskusi
4. Menyampaikan apersepsi untuk
menghubungkan materi pembelajaran dengan situasi dan pikiran siswa
5. Menyampaikan tujuan belajar dari topik
ini
6. Menjelaskan bahwa setelah topik ini
dibahas, siswa akan melaksanakan diskusi dan mengerjakan latihan
7. Memberikan keyakinan kepada siswa bahwa
topik ini penting untuk dipelajari
karena berguna untuk kehidupan sehari-hari
|
Ceramah
White Board
|
|
|
|||
OBJEKTIF PERILAKU SISWA
Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan
siswa mampu menemukan pokok-pokok berita (apa, di mana, kapan, siapa,
mengapa, dan bagaimana) yang didengar atau ditonton melalui radio/televisi
dengan kegiatan diskusi dengan tujuan untuk menemukan sendiri berita apa yang
sedang ditayangkan, dimana berlangsungnya topik tersebut, kapan berita tersut
berlangsung, siapa saja yang menjadi bahan berita, mengapa topik berita itu
terjadi, dan bagaimana solusi agar berita tersebut menjadi teladan bagi kita semua.
|
|||
WAKTU
|
MATERI
|
METODE DAN ALAT BANTU
|
|
10 menit
40 menit
20 Menit
|
ACTIVITY
a. Kegiatan awal
Dengan multimedia yang telah
siap, Guru menayangkan rekaman berita televisi, Siswa
mendengarkan/menyaksikan rekaman berita televisi yang ditayangkan infocus di
depan kelas, guru memperhatikan proses penyimakan tersebut.
b. Kegiatan inti
1) Siswa mendiskusikan untuk mencari
pokok-pokok berita yang mencakup 5W1H (apa, dimana, kapan, siapa, mengapa,
bagaimana);
2) Siswa menentukan pokok-pokok berita;
3) Siswa menuliskan pokok-pokok berita.
4) Dalam diskusi kelas, siswa menyampaikan
hasil diskusi di depan kelas, siswa / kelompok lain memperhatikan.
5) Tanya jawab antar siswa yang berisi
saran pendapat dan sanggahan
6) Guru dan siswa melakukan tanya jawab
PENUTUP
c. Kegiatan Akhir
1) Siswa dan guru melakukan refleksi
2) Siswa melaksanakan evaluasi
PENILAIAN
Untuk menilai Kegiatan
Belajar Mengajar ini dilaksanakan dengan penilaian proses diskusi dan hasil
diskusi berupa tulisan hasil diskusi yang berupa pokok-pokok berita yang
didapat dari proses penyimakan.
|
Modelling, Inkuiri, Tanya Jawab, Diskusi. Multimedia
( laptop, LCD, CD rekaman berita dari televisi)
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar