siap berbagi dan menerima

siap berbagi dan menerima

Rabu, 04 April 2012

SOAL-SOAL BERDASARKAN TAKSONOMI BARRET

SOAL-SOAL BERDASARKAN TAKSONOMI BARRET


oleh:
DINDIN SYAHBUDIN, M.Pd.

Teks 1

Pahlawan tanpa tanda jasa? Sebutan itu tidak asing lagi. Pahlawan tanpa tanpa tanda jasa adalah pahlawan yang ikhlas dan rela berkorban menyisihkan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk masyarakat, bangsa, dan negara. Gelar pahlawan tanpa tanda jasa hanya pantas diberikan kepada seseorang yang berjiwa pemimpin, yang dapat dijadikan pantauan dan dapat ditiru oleh setiap orang. Siapa lagi kalau bukan guru, baik guru TK, SD, SMP, dan SMA, dll
                            (Pikiran Rakyat Bandung)

A.    Soal Membaca Pemahaman Harfiah
1.    Siapakah Pahlawan tanpa tanda jasa itu?
2.    Pahlawan tanpa tanpa tanda jasa adalah .........



Teks 2

Babak 8 Besar Liga Jarum Indonesia ternoda. Pertarungan antara Persiwa Wamena melawan Arema Malang di stadion Brawijaya kediri, Rabu (16/1) malam dihentikan pada menit ke-76 karena rusuh.
Suporter yang tergabung dalam Aremania turun kelapangan.Mereka mengamuk membakar gawang. Ketika  pertandingan dihentikan Persiwa unggul 2-1

3.    Kapan pertarungan antara Persiwa Wamena melawan Arema Malang ?
4.    Dimana pertandingan tersebut berlangsung?
5.    Pada menit keberapa pertandingan tersebut dihentikan?


Teks 3  
 Hujan turun terus-menerus sejak tiga hari terakir ini telah menenggelamkan 14.700 hektare persawahan , di 16 kecamatan di kabupaten Karawang. Jika dalam dua hari ked depan air tak kunjung surut, tanaman padi berusia 10 hingga 60 hari itudipastikan bakal mati membusuk
                            (Pikiran Rakyat Bandung)
Teks 4
 Sedikitnya 650 rumah yang berada di dua desa di Muara Gembong, Kabuipaten Bekasi   terendam banjir akibat meluapnya air Kali Ciherang. Camat Muara Gembong Muhajirin mengatakan, 650 rumah warga yang terkena banjir ini berada di Desa Pantai Jaya sakti dan Desa Pantai Harapan Jaya. Perinciannya, 100 rumah yang dihuni, 75 kepala Keluarga ( KK) di Desa Pantai Jaya Sakti dan 550 rumah yang dihuni 705 KK di desa Pantai Harapan Jaya.
                                (Sindo, 12 Feb 08)

6.    Tuliskan persamaan kedua teks di atas!
7.    Tuliskan perbedaan kedua teks di atas!

Teks 5
Kondisi Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta kritis karena kehilangan banyak darah akibat tembakan yang mengenai perut dan dadanya, Senin (11/2). Ia mengalami perawatan di Rumah Sakit Royal Darwin akibat luka tembak yang dideritanya menyusul serangan kelompok pemberontak pimpinan Alfredo Reinado di Dili.
Salah seorang pimpinan rumah sakit , Len Notaras menyebutkan, Ramos Horta terkena tiga peluru, satu dibagian perut dan dua lainnya bersarang di dada. Kondisi itu membuat Ramos Horta harus menjalani tiga kali operasi.
                    ( Pikiran Rakyat, 12 Februari 2008 )

8.    Apakah penyebab harus dirawatnya Presiden Timor Leste?
9.    Menurut salah seorang pimpinan Rumah Sakit berapa peluru yang bersarang di tubuh Jose Ramos Horta ?
10.    Di bagian mana saja ?
11.    Tuliskan pernyataan  berupa fakta yang terdapat dalam paragraf pertama wacana di atas!
12.    Tuliskan pernyataan berupa opini yang terdapat dalam paragraf kedua wacana di atas!
B.    Soal Membaca Pemahaman Inferensial
     
    Grafik Distribusi Minyak Tanah Kelurahan Sukamaju
    Bulan Januari s.d. Juni

13.    Buatlah pertanyaan yang dapat dijawab berdasarkan grafik di atas!
14.    Buatlah pernyataan yang sesuai dengan grafik pada bacaan di atas!


Teks 6
PKH Disambut Baik Masyarakat
Saat ini banyak anak Indonesia tak bisa mengenyam pendidikan karena kemiskinan. Mereka putus sekolah karena ketiadaan biaya. Kondisi ini sangat memprihatinkan. Karenanya, kepedulian dari berbagai pihak untuk membantu anak-anak Indonesia yang kekurangan biaya pendidikan mutlak diperlukan. Itu karena pemerintah tak mungkin bisa menyelesaikan secara tuntas tanpa peran serta sektor swasta.
Bagai hendak menjadi pendorong sektor swasta, pemerintah sendiri telah menggulirkan sejumlah program untuk mendukung sukses pendidikan khususnya di kalangan rumah tangga sangat miskin (RTSM). Salah satu yang mendapat positif rakyat adalah Program Keluarga Harapan (PKH).
PKH merupakan program bantuan tunai dari pemerintah pusat kepada RTSM guna mendorong semangat para keluarga miskin untuk kembali menyekolahkan anak-anaknya dan mendapat akses layanan kesehatan.
Karenanya dalam PKH, keluarga miskin yang akan mendapat bantuan uang tunai itu harus memenuhi ketentuan; (1) memiliki anak usia sekolah usia 6 – 15 tahun atau kurang dari 18 tahun namun belum menyelesaikan pendidikan dasar,(2) memiliki anak usia 0 – 6 tahun, (3) terdapat ibu yang sedang hamil.

C.    Soal Membaca Pemahaman Reorganisasi

15.    Apakah hubungan antara program PKH dengan suksesnya pendidikan di kalangan RTSM?
16.    Bagaimana dampaknya jika program tersebut berhasil dilaksanakan?

D.    Soal Membaca Pemahaman Evaluasi
17.    Bagaimana pendapatmu tentang pemerintah telah menggulirkan sejumlah program untuk mendukung sukses pendidikan khususnya di kalangan rumah tangga sangat miskin (RTSM)?
18.    Kemukakan tanggapanmu tentang ketentuan untuk keluarga miskin sehingga menerima bantuan uang tunai?
19.    Apa komentarmu tentang mulai banyak pihak yang peduli terhadap pendidikan rakyat miskin?


E.    Soal Membaca Pemahaman Apresiasi
20.    Bagaimana sikapmu seandainya kamu menjadi anggota keluarga miskin yang mendapat bantuan untuk melanjutkan pendidikan dan meraih cita-citamu?
(Universitas Negeri Yogyakarta, 2008)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar