siap berbagi dan menerima

siap berbagi dan menerima

Rabu, 04 April 2012

DESKRIPSI PROSES MORFOFONEMIK DARI SURAT KABAR

DESKRIPSI PROSES MORFOFONEMIK DARI SURAT KABAR


oleh :
Dindin Syahbudin, M.Pd.


KAJIAN TEORI
Morfofonemik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah 1) telaah tentang perubahan-perubahan fonem yang terjadi sebagai akibat pertemuan (hubungan) morfem dengan morfem lain: morfofonologi, 2) perubahan fonem yang terjadi sebagai akibat pertemuan (hubungan)  morfem dengan morfem yang lain.
Sedangkan menurut Kridalaksana (2008) adalah 1) analisis dan klasifikasi pelbagai ujud atau realisasai yang menggambarkan morfem; 2) struktur bahasa yang menggambarkan pola fonologis dari morfem; termasuk didalamnya penambahan, pengurangan, penggantian fonem, atau perubahan tekanan yang menentukan bangun morfem.
Jadi morfofonemik adalah peristiwa fonologis yang terjadi karena pertemuan morfem dengan morfem. Dalam bahasa Indonesia, ialah peristiwa fonologis yang terjadi karena pertemuan morfem dasar dan morfem afiks.
Berikut adalah analisis peristiwa morfofonemik yang bahannya penulis ambil dari surat kabar “KOMPAS” edisi hari Senin tanggal 06 Oktober 2008  berdasarkan jenis-jenis morfofonemik:
1.     Gejala Pemunculan Fonem
Adalah munculnya fonem baru akibat dari pertemuan morfem dasar dengan morfem afiks
a.     ......memiliki ribuan alumni tersebar di 100 negara dengan top position.......  (halaman 8 kolom iklan)
     ribu + -an        ribuwan            /w/
b.    Berkat pelatihan mengelas dan memperbaiki mesin perahu bermotor yang dilaksanakan................................ (halaman 14 kolom 1)

mə- + las    məŋəlas                /ŋə/
c.    Sebanyak 611 anak SD dilayani 2 sekolah yang menggunakan gedung secara bergantian ......................... (halaman 7 kolom 5)
mə-kan     + guna     məŋgunakan            /ŋ/
d.    ............pengadaan taman bacaan masyarakat untuk mendorong minat baca dan ..................... (halaman 14 kolom 3)
mə- + dorong     məndorong            /n/
e.    Dalam usia 58 tahun ini Yohnny menyumbangkan sistem komunikasi darurat bencana di................... (halaman 16 kolom 1)
    mə-kan     + sumbang     məňxumbangkan        /ňx/
f.    .............oleh pemimpin Sumatera Barat yang punya popularitas untuk membunyikan sirine................. (halaman 16 kolom 2)
mə-kan + bunyi  məmbunyikan            /m/
g.    ...........jaringan antar wilayah ini juga menjadi media untuk mengetes kualitas pemancar pencarian ........... (halaman 16 kolom 4)
mə- + jadi  məňjadi                    /ň/
mə- + tes  məŋetes                    /ŋe/
h.    Anggaran pemberantasan buta aksara dipangkas Rp. 100 miliar, padahal ............... (halaman 14 kolom 3)
pə-an + berantas  pəmberantasan            /m/
i.    Dengan pengenalan tanda-tanda alam yang ada disekitar rombongan ......................... (halaman 16 kolom 6)
pə-an + kenal  pəŋenalan                /ŋ/
j.    Radio yang dirakit sendiri oleh anak-anak muda ini kemudian dipergunakan ................ (halaman 16 kolom 3)
sə- + diri  səndiri                    /n/

2.     Gejala Pengekalan Fonem
Pertemuan morfem dasar dengan morfem afiks tidak menimbulkan perubahan pada fonem (kekal).
a.    Perbaikan kualitas dan mutu guru merupakan tanggung jawab Departemen .....................(halaman 12 kolom )
mə-kan + rupa   məRupakan                /r/
b.    “Guru minim gambaran apa yang harus dilakukan di kelas,” ujar Sulistio .................... (halaman 12 kolom 4)
di-kan + laku  diLakukan                    /l/
c.    Masih ada keraguan apakah makhluk purba jutaan tahun tersebut berukuran kecil atau hanya.................... (halaman 13 kolom 1)
    tər- + sebut  tərSebut                    /s/
bər-an + ukur  bərUkuran                    /u/
d.    ................disebutkan bahwa contoh diambil dari 75 merek, termasuk..................................(halaman 11 kolom 1)
    di-kan + sebut  diSebutkan                    /s/
    di- + ambil  diAmbil                    /a/   
e.    Saya rasa perumahan akan menjadi salah satu yang menentukan untuk .................... (halaman 10 kolom 7)
    pə-an + rumah  pəRumahan                /r/
f.    Bush telah berjuang sepanjang pekan ini untuk ...............................(halaman 10 kolom 6)
    sə- + panjang  səPanjang                    /p/
g.    Femmy Permatasari beruntung memiliki suami yang seiman sehingga............(halaman F kolom 3)
    sə- + iman  səIman                        /i/
3.     Gejala Pengekalan dan Pemunculan Fonem
Dari pertemuan morfem dasar dengan morfem afiks, muncul fonem baru pada morfem afiks dan tidak berubahnya fonem pada morfem dasar.
a.    Hasil sebagai finalis mengantarkannya ke peringkat kesembilan ATP..........(halaman 29 kolom 2)
mə-kan + antar  məŋ?antarkan                /ŋ,?/
b.    Untuk mengukur kecepatan kendaraan biasanya .............(halaman 30 kolom 2)
    mə- + ukur  məŋ?ukur                    /ŋ,?/
4.     Gejala Pergeseran Posisi Fonem
Dalam proses morfofonemik ini ada pergeseran posisi fonem berdasarkan penyukuan (pengucapannya)
a.    ......................lalu tiba-tiba muncul pria yang kelihatannya sangat ..............(halaman 32 kolom 1)
kə-an + lihat  kəlihatan  kə-li-ha-tan            /t/
b.    .............. di rumah sakit di Singapura saat kandungan berusia empat bulan .........(halaman 32 kolom 2)
Kandung + -an  kandungan  kan-du-ngan        /ŋ/
c.    ...............pendapatan dari retribusi wisata saat libur Lebaran tahun ini meningkat dibanding...........(halaman D kolom 6)
pə-an + dapat  pəndapatan  pən-da-pa-tan        /t/
d.    Kemungkinan ramainya sampai sore karena pemudik mengejar tiba di .........(halamanD kolom 3)
kə-an + mungkin  kəmungkinan  kə-mung-ki-nan    /n/
e.    ........................munculnya gelembung udara yang mengandung racun berbahaya .......... (halaman C kolom 3)
    gembung + -el-  gelembung  ge-lem-bung        /e/,/l/
5.     Gejala Perubahan dan Pergeseran Fonem
Adalah berubahnya fonem dari  morfem afiks dan bergeser ketika penyukuan atau pengucapan.
a.    Bukankah fakir miskin dan anak telantar  itu di pelihara oleh...............(halaman B kolom 3)
    tər- + ?antar  tə-lan-tar                    /r//l/
b.    .................adalah kita harus belajar dari pengalaman yang menimpa ........(halaman 23 kolom 4)
    bər- + ?ajar  bə-la-jar                    /r//l/
c.    ...................adalah kita yang memiliki kedudukan rendah bahkan sangat rendah karena ada yang lebih tinggi..................... (halaman C kolom 2)
    kə- an+ dudU?  kə-du-du-kan                /?//k/
6.    Gejala Pelesapan Fonem
Dalam pertemuan morfem dasar dengan morfem afiks kali ini salah fonem dari morfem afiks luluh atau melesap tidak terdengar atau tertulis.
a.    ...................masuk di lokasi peternakan  babi di daerah yang sangat asing itu.........(halaman 5 kolom 6)
    pər- an+ tərnak       /pəternakan/                /r/
b.    Ada 150 peserta dalam kegiatan pelatihan yang diselenggarakan ..............(halaman 7 kolom 2)
    pər- + sərta      /pəsərta/                /r/
c.    ..........pada perayaan  Lebaran tahun ini dirasakan sangat sepi, terutama oleh ............(halaman 24 kolom 4)
    pər- an + raya      /pəraya?an/                /r/
d.    ........sambil  beramai-ramai menikmati keindahan pantai waktu........(halaman 27 kolom 6)
    bər- + ramai      /bəramai/                /r/
e.    Dalam kehidupan kita harus dapat melaksanakan hidup berumah tangga sehingga.......... (halaman 28 kolom 7)
    bər- + rumah      /bərumah/                /r/
e.    ....dalam kesehariannya peramal  itu selalu berpakaian kaus .............(halaman kolom 18 kolom 7)
pər- + ramal      /pəramal/                /r/

(Universitas Negeri Yogyakarta, 2009)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar