siap berbagi dan menerima

siap berbagi dan menerima

Senin, 26 Maret 2012

PENIPUAN GAYA BARU DENGAN SASARAN PARA GURU

          


          Hari Senin 26/03 pukul 14.00, saya ditelepon oleh teman bernama Acep Maulida (guru honorer) katanya ada hal yang harus dibicarakan. Setelah bertemu, dia bercerita pukul 14.46 mendapat sms dari SRI  yang mengaku TU Disdik Jabar untuk menghubungi Prof. H. Wahyudin Zarkasyi (Kadisdik Jabar) dengan nomor HP. 085285340899. Nomor tersebut langsung dihubungi. Dengan suara yang benar-benar meyakinkan, oknum tersebut mengaku sebagai Kadisdik Jabar dan membenarkan bahwa teman saya tersebut adalah guru yang terpilih untuk mendampingi beliau dalam acara seminar gratis tentang pemberdayaan di Nusa Dua Bali tanggal 31 Maret-01 April 2012.
           Sang penipu tersebut memberikan nomor peserta seminar (200/SIMNAS 09985117/Disdik/2012) dan mengarahkan agar nomor tersebut ditukar dengan nomor referensi yang nantinya akan tercantum dalam surat undangan. Kadisdik palsu tersebut lalu menyuruh teman saya untuk menghubungi  Prof. DR. Supriadi Rustam, M.Si (Direktur Ketenagaan Dikti, HP. 081280870449) untuk urusan nomor referensi. Oleh Supriadi, teman saya diarahkan untuk mengirimkan dua nomor rekening bank (BNI dan BCA) lengkap dengan ATM-nya dengan alasan akan dikucurkan biaya sebesar Rp. 20.000.000 (dua puluh juta rupiah) yang limit pengisian uang masing-masing 10 juta.
           Teman saya merasa bingung atas kejadian tersebut karena ketika yang bernama Ibu Sri (HP.083895951177) ketika dihubungi kembali HP-nya off. Dia meminta saran saya bagaimana menanggapinya. Awalnya saya ucapkan "Wah, selamat ya...". Tapi yang membuat saya heran adalah:
1. Darimana penipu tersebut mendapatkan info tentang teman saya (data komplit dari nama, lulusan UPI Bandung, Jurusan PJOK, sampai nomor HP dan tempat bekerja)
2. Untuk seorang pejabat setinggi Kadisdik, tidak mungkin memberikan nomor pribadi dan menerima telepon langsung seperti tidak punya staf saja)
          Akhirnya saya memberi saran agar mencari informasi di internet. Hasilnya...? Wooowwwwww surprise...........:
1. Prof. H. Wahyudin Zarkasyi benar-benar nama Kadisdik Jabar
2. Prof. DR. Supriadi Rustam, M.Si  juga benar-benar nama Direktur Ketenagaan Dikti
3. Banyak info di internet tentang penipuan yang sama (melibatkan Rektor UNPAD dan Kadisdik Jatim)
         Teman saya berkali-kali mengucapkan istighfar dan bersyukur atas keselamatan yang telah Alloh berikan. Saya juga mungkin terselamatkan karena teman saya itu akan meminjam nomor rekening bank milik saya.
        Mudah-mudahan tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita agar selalu berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan pejabat dengan iming-iming uang. 
        Semoga........!!!!

                                                                                                                Garut, Maret 2012
                                                            

1 komentar:

  1. setuju..saya mahasiswa ipb..saya dapat sms seperti itu katanya terkait seminar gratis. tapi saya tidak meresponnya . 2x saya mendapat sms sperti itu.. untung saja saya baca posting ini,,thx yaa..

    BalasHapus